Inilah Tips Mengatasi Gugup Saat Wawancara Kerja
Kebanyakan orang di dunia ini kalau dia sudah lulus sekolah maka ingin memperoleh pekerjaan, tapi ada banyak hal yang menjadi problem seperti rasa grogi, apalagi pada saat interview maka inilah tips mengatasi gugup saat wawancara kerja yang wajib kamu ketahui dan wajib kamu lakukan agar saat wawancara tidak takut, grogi dan gugup. 😉
gambar dari liputan6.com |
Wawancara atau bisa juga disebut dengan interview ini adalah hal yang sangat penting dalam proses penyaringan pegawai, ke apa bisa dibilang sangat penting ? Karena semua hal dari mulai tanggung jawab dan kejujuran bisa dilihat dari sana.
Tak heran hal ini menjadi sesuatu yang sangat mengerikan bagi semua orang, serius boleh tapi kalau keseriusan anda menjadi kegugupan diri anda itulah yang harus dihindari, karena asalkan anda tahu dan mau tidak mau, dan bagaimanapun diri anda harus bisa terlihat sangat bertanggung jawab. “ ingat baru soal wawancara saja sudah takut dan grogi, bagaimana nanti di berikan tanggung jawab perusahaan pada anda”.
Seseorang yang menginterview yang biasanya langsung kepala HDRnya anda harus bisa mengontrol diri supaya nantinya tidak menjadi berabe dalam interview.
Buat apa anda lama-lama di interview atau wawancara kalau akhirnya tidak diterima, maka inilah langkah yang harus anda ambil supaya tidak gugup saat wawancara kerja dan akhirnya di terima sebagai pegawai disana.
Rasa grogi akan muncul karena ada belum mempersiapkan dengan matang antara diri dan materi yang seharusnya anda kuasai, maka kalau saya memberi sarannya dari awal proses membidik perkerjaan anda tidak boleh protes, karena jika awal yang baik alangkah baiknya di akhiri dengan akhir yang baik pula.
Cara agar tidak gugup saat wawancara kerja
Ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar anda tidak gugup dan akhirnya dapat diterima bekerja disana, namun kita mari bahas dari permulaan saja:- What the job?
Sebelumnya anda harus tahu pekerjaan apa yang anda lamar? Kenapa harus tahu pekerjaan apa? Karena hal ini akan memudahkan anda dalam mencari materi apa saja yang akan anda pelajari, misalkan anda melamar menjadi seorang kondektur di perusahaan kereta api.
baca: cara mengatasi gugup bicara di depan umum
Maka anda harus tahu apa sih kondektur itu? Bagaimana cara kerja kondektur itu? Dan bertanggung jawab untuk siapa kondektur itu? Pokoknya pertanyaan pertanyaan yang diajukan oleh seorang yang lagi mewancarai tidak akan jauh dari hal-hal seperti itu 5W + 1H tentang job yang anda lamar.
Wawancara ini juga biasanya berkaitan dengan sistem dan teknis apa yang akan anda ambil, mereka bisa melihat seberapa anda bersungguh-sungguh dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka, yang akan di ambil adalah jawaban terbaik, karena mereka tahu bagaimana keseriusan anda dalam mempelajari dan belajar untuk menjawab.
Atau mereka sudah tahu seberapa bertanggung jawab ya anda dalam melakukan pekerjaan yang akan anda dapatkan. - Kenali pekerjaan yang akan anda ambil
Inilah dia cara mengatasi grogi saat interview kerja yang kedua, Disetiap perusahaan pasti ada hal yang mendalam dan hal yang biasa saja, maka disini anda harus pintar-pintar dalam mengenali job yang anda bidik.
Misalkan seperti contoh di atas anda akan bekerja menjadi seorang kondektur kereta api, maka langkah selanjutnya anda untuk belajar dan bertanya-tanya kepada seseorang yang sudah menjadi kondektur.
Bisa dengan cara anda sudah mengenalnya ataupun dengan cara anda, membeli tiket kereta api dan berjalan-jalan naik kereta api, setelah itu ada kondekturnya anda bisa bertanya-tanya kepada mereka dan ingat jangan pernah ragu dalam bertanya tentang pekerjaannya, sekaligus kalau bisa tanyakan juga suka dan dukanya menjadi seorang kondektur kereta api.
Kalau yang dua diatas merupakan persiapan sebelumnya anda akan melakukan wawancara kerja, disitu perusahaan. - Doa
Berdoa bisa menenangkan diri anda dari kegugupan, bahwa dengan doa ini juga anda meyakini adanya eksistensi Tuhan yang bisa merubah segalanya.
Maka ingatlah setiap doa pasti akan selalu di ijabah oleh Allah, jangan pernah meragukan akan kekuatan doa, kalau bisa juga dia anda dan orang tua anda.
Jangan pernah sekali kali untuk tidak berdoa, karena berdoa juga itu tanda bahwa kita mengingat Allah, dan ingatlah selalu pada Allah jika anda ingin beruntung. - Salam
Kalau disana Anda bertanya pada saya seberapa penting mengucap salam, bisa selamat pagi atau assalamualaikum pada saat akan wawancara, hal ini akan menunjukan seberapa anda sopan dan seberapa anda agamis terhadap orang lain.
Saat anda bersifat agamis disini akan memunculkan kepercayaan lebih dari seorang pewawancara kepada anda. Kenapa demikian? Karena orang yang agamis itu tidak akan berbohong dan selalu bertanggung jawab.
Mereka tidak akan segan lagi dalam merekrut anda dalam perusahaannya. Salam ini ditunjukan buat keramahan anda juga terhadap orang lain nanti entah teman kerja dll.
Karena mau tidak mau kalau seseorang yang ramah pasti dia sangat suka dalam bersosialisasi dan mampu dalam mengemukakan pendapat. Entah nanti pada saat kerja ada kerja tim atau punya masalah yang harus di berikan solusinya anda bisa berkontribusi langsung. - Senyum
Ini yang ampuh dalam tips mengatasi grogi saat wawancara kerja yaitu, Keep smile, jangan pernah ragu dalam memberi senyuman kepada orang yang mewawancarai anda, segan boleh tapi usahakan bahwa anda bisa mengontrol diri anda sendiri.
Dengan memberi senyum bukan hanya menunjukkan sifat anda yang ceria tapi disini juga menjulang seberapa seriusnya anda dalam menjalankan kerja yang akan anda dapatkan.
Dengan senyum juga diusahakan anda menekan tingkat gugup dan grogi yang akan anda dapatkan saat itu.
Makanya jangan ragu untuk memberi senyuman pada pewawancara, namun ada hal yang harus anda ingat tentang senyuman ini.
Bahwa disini akan menunjukan karakter anda yang sesungguhnya sehingga pewawancara akan bersikap juga pada anda. - Positif thinking
Yakinkan diri anda dan yakinkan pewawancara bahwa anda bisa dan mampu dalam menjalankan pekerjaan yang anda lamar, dengan cara positif thinking inilah anda akan dinilai membawa aura positif untuk perusahaan.gambar dari tokopedia.com
Bahkan setahu saya ada perusahaan yang bisa mengambil cuti dikarenakan mereka galau patah hati, kenapa bisa seperti itu? Karena kebijakan perusahaan ini sangatlah cermat jika ada orang yang tidak bisa berpikir positif atau patah hati.
baca: tips mengatasi gugup saat wawancara kerja
Mereka kerjanya pun tidak akan benar dan karena manusia mahkluk sosial akan berpengaruh pada teman-teman kerjanya, misalkan karena di murung otomatis teman kerjanya akan care terhadap dia dan akhirnya mood dalam bekerja untuk menjadi hilang.
Nah kalau anda selalu berpikir positif saya yakin perusahaan ini akan mudah dalam memberikan jabatan kepada anda.
Karena sesungguhnya bukan hanya grogi atau gugup yang harus anda lakukan tapi cara-cara lain agar bisa anda diterima bekerja. - Perkenalkan diri anda dengan baik
Mau tidak mau suatu hari nanti anda akan disuruh memperkenalkan diri anda, agar tidak terlalu banyak pertanyaan nantinya, usahakan anda mengemukakan juga pengalaman kerja dan organisasi serta berapa lama anda bekerja disan.
Ingat jangan pernah mengemukakan bahwa anda pernah bekerja dan di PHK atau di buang oleh perusahaan itu, karena bisa jadi anggapan seorang yang mewawancarai anda bahwa anda kerjanya tidak benar.
Tapi kalau bisa anda menggunakan pasangan yang paling masuk akal seperti karena di suruh suami ngurus anak dahulu, atau jika laki-laki disuruh mengurus orang tua dahulu.
Kalau anda masih gugup saat perkenalan ini ada hal ampuh yang bisa anda lakukan selain menghapal, yaitu dengan menggunakan cara-cara yang simple dengan membawa inti penting dari pembahasan yang akan anda lakukan saat perkenalan. - Paparkan kekurangan anda
selanjutnya jos mulai ke cara agar tidak gugup ketika wawancara kerja, Mau tidak mau dan anda harus mengakuinya bahwa andapun punya kekurangan dalam diri anda, benar begitu bukan?
Namun disini banyak orang yang salah dalam memaparkan kekurangannya akan berpengaruh pada prestasi perusahaan misalkan “ kekurangan saya adalah pemalas dan sukanya terlambat sekolah waktu itu” ingat hati-hati dengan ucapan anda seperti itu, karena perusahaan lebih tahu dan lebih mengerti dengan orang-orang seperti itu.
Mereka tahu dikarenakan mereka sudah melakukan wawancara lebih dari sekali maka akan mengerti jawaban yang anda berikan untuk dia.
Tapi usahakan paparkan lah kekurangan anda yang tidak akan berpengaruh pada perusahan “ misalkan kekurangan anda belum punya pacar” nah hal-hal seperti inilah yang harus anda paparkan dalam wawancara kerja anda. - Paparkan kelebihan anda
Setiap perusahaan pasti memerlukan orang yang berbakat, maka dengan demikianlah anda jangan pernah ragu dalam mengemukakan keahlian anda di depan mereka, kebanyakan orang itu sangatlah salah dalam memaparkan keahlian mereka sehingga perusahaan menjadi tidak berkenan.
Tapi cara dalam memaparkan kelebihan yang baik itu seperti ini, “ Alhamdulillah saya bisa menjalankan komputer, membuat website, ataupun strategi strategi pemasaran secara online” namun ingat kelebihannya harus sangat sesuai dengan yang perusahaan butuhkan.
Kalau anda sekarang sedang melamar ke bengkel maka paparkan lah kelebihan anda tentang “ tidak mudah lupa, bisa menguat kendaraan, bisa variasi dan mengerti dengan mesin motor atau mobil” jadi tahapan anda saat training pun sudah lancar jaya.
Kesalahan orang dalam menunjukan kelebihannya saat wawancara seperti ini, “ sedikit sedikit saya bisa dalam menjalankan komputer, atau sedikit sedikit saya mengerti dengan mesin” nah pemaparan kelebihan seperti itu jangan pernah dibawa dalam proses anda wawancara, karena akan membuat anda tersaring secara alami oleh pewawancara.
Jangan lupa juga paparkan bahwa anda itu rajin, ulet dan tekun. - Relax
Santai jangan tegang, anda bisa memotivasi diri anda sendiri untuk selalu santai menghadapi semua hal ini, misalkan saat HRD bertanya pada anda berapa gaji yang diinginkan? Anda usahakan jangan terlebih dahulu tegang dan grogi, tapi tenang saja jadi usahakan anda berwajah dua.
Walaupun anda sedang membutuhkan pekerjaan tapi seperti anda ini sangat penting dan akan berpengaruh besar pada perusahaan ini, seperti yang pernah dilakukan oleh senior kampus saya seperti ini, dia tidak segan segan dalam memberi tarif kerja dirinya, dia menjawab 30 juta, HRD nya berkata karena sedang tahap training jadi tidak seperti itu paling setengahnya. Nah ingat selalu optimis dan bisa relax.
Kerilexan ini bisa anda dilihat dari diri anda yang santai, tangan kaki dan badan anda yang tidak gemerteran ( banyak tingkah ).
Usahakan anda motivasi seperti Iini pada diri anda “ santai saja santai, jangan pernah rendah diri, dia juga sama manusia, pasti dia mengerti, santai dan santai”. - Agak bersifat akrab tapi tahu posisi
Saat bicara usahakan anda bersikap sangat akrab dan ingat jangan pernah sok tahu, jadi kali ada kalau perbincangan dengan dia pewawancara anda harus bisa menjadi pendengar yang baik.
Setelah itu jika sudah maka pasti akan ada giliran anda untuk bicara tapi aturlah kata-kata bagus dan membujuk yang baik, nanti juga kalau anda bersifat akrab dan bersikap ramah. - Percaya diri
Belive your selfie, inilah yang harus anda kuatkan yaitu percaya pada diri anda sendiri, anda yakin anda bisa dan anda mampu dalam menjalankan wawancara dengan nilai yang terbaik, maka setelah itu anda coba untuk merealisasikan dalam wawancara itu.
Ingat dengan anda percaya diri saat wawancara akan membuat yakin juga kepada pewawancara bahwa anda patut untuk bekerja di perusahaan mereka, jangan pernah ragu dalam memperlihatkan kelebihan anda Dimata mereka.
Dengan anda percaya pada diri anda bahwa anda mampu maka akan menghilang semua gugup dan drogi yang ada pada diri anda. - Tunggu kesuksesan
Setelah cara cara di atas anda lakukan langkah selanjutnya yaitu dengan menunggu kesuksesan anda dalam proses presentasi, yakinkan diri anda dan yakinkan para pewawancara dalam pembicaraan dan realisasikan nanti saat anda sudah diterima kerja disana.
gambar dari tokopedia.com |
Kesimpulan yang dapat di ambil dari keseluruhan, dengan pertama anda persiapkan diri persiapkan baca materi tentang 5W + 1H tentang pekerjaan yang anda inginkan setelah itu anda bisa ketahui apa saja sayarat dan ketentuan yang berlaku, kalau bisa pelajari dahulu tata kerja dan tanggung jawab yang akan di emban, selanjutnya harus kalem, rileks dan percaya pada diri anda bahwa anda mampu menjalani semuanya, nanti juga kalau sedang di wawancarai rasa gugup dan grogi itu akan perlahan hilang dan memudar. Ingat kekuatan doa, jangan pernah melupakan eksistensi Tuhan di dunia ini.
Mungkin sekian saja artikel saya kali ini dengan di Tipscaras mohon maaf apabila banyak kesalahan dan kekurangan, terimakasih telah membaca artikel kali ini dengan judul tips mengatasi gugup saat wawancara kerja semoga bisa bermanfaat dan membantu.
No comments